about me..

My photo
i love to be my self..."bunglon" kata temen2 gw,krn tiap hari gaya gw selalu beda,kadang feminim,kadang tomboy, gak monoton..dan gw suka dengan gaya gw yg orisinil,ga ikutin orang..hehehee..banyak yang bilang,gw friendly,supel,gampang cari temen..yaaa gitu deh!!abis buat apa cari musuh??ya gak?? ;)

Wednesday, September 18, 2019

#BABYBASHID by The Asian Parent; Pentingnya jadi orang tua pintar

Seiring berjalannya waktu (yang sangat jarang gw ceritain) ternyata umur anak ke-2 gw udah 1th aja nih :D

Ibu mana yang ga pengen anaknya gampang bersosialisasi? Ibu mana yang ga pengen ikutan kelas parenting? Ibu mana yang ga pengen bisa hebat dalam segala hal?

kemana perginya ibu-ibu macam gitu? (macam gw?)

Berkenaan dengan itu, gw mau share sedikit pengalaman gw ikutan salah satu event yang ngehits banget dikalangan ibu-ibu dan bapak-bapak..

Beberapa waktu lalu, gw ikut dalam kegiatan #BabyBashID yang diselenggarain The Asian Parent. Yang sebenernya, acara ini udah ada dari waktu Senyum, anak pertama gw masih kecil. Tapi, gw baru bisa dateng pada saat punya Swara.



Awalnya, gw pikir, acara ini biasa ajalah, buat seru-seruan anak-anak kaya kelas-kelas montessori anak pada umumnya, tapi saat gw dateng dan ikutin semua kegiatannya, ternyata BEDA gaes!!

Straight to the point!



Dari awal dateng, ternyata banyak banget gw dapetin edukasi tentang parenting. Bukan hanya itu, di #BabyBashID juga banyak pengisi acara, mulai dari sponsor minyak telon yang mengedukasi tentang pentingnya pilih minyak pijat atau minyak anti nyamuk untuk bayi. Dimulai lah dengan pengetahuan tentang bahan yang digunakan untuk minyak telon sehingga aman untuk kulit bayi, perbedaan minyak telon biasa dengan yang anti nyamuk, juga pengetahuan tentang cara minjet bayi. Ini penting loh ibu-ibu...

dr. Rose Grand Chen, M.Ked (Ped), Sp.A dan Marcom Manager Konicare
(Photo source: #BabyBashID)

Selain itu, informasi tentang bagaimana mengatur keuangan untuk keluarga juga dikasih ke kita, para ibu dan bapak yang hadir saat itu. Dimana, banyak orang tua yang mungkin kurang paham tentang pentingnya menabung sejak dini untuk kebutuhan sekolah, bahkan kebutuhan darurat si kecil. Untungnya, gw dateng sama suami, jadi part ini bisa mengedukasi kita berdua dalam merencanakan keuangan untuk kedua anak kami. Secara gamblang dan detail, para narasumber ngasih tau kebutuhan-kebutuhan apa aja yang bisa kita siapkan untuk keluarga.

Bareyn Mochaddin, Financial Planner & CEO Rizkanna 
(Photo source: #BabyBashID)

Sharing momment penting tentang perkembangan anak barengan sama orang-orang yang lebih berpengalaman juga dikasih saat acara berlangsung. Salah satu narasumber yang gw kenal, juga ikut membagikan cara untuk "rekam jejak" anak mulai perkembangannya dari bayi hingga berumur kurang lebih 4th (bahkan sampe anak kita beranjak dewasa). Mulai dari merekam segala kegiatannya dari kecil, sehingga kita tau sejauh mana anak kita berkembang, sampe pentingnya menemani anak bermain. Bukan hanya memberikan mainan, lalu ditinggal nonton drakor yes :D tapi, kita turut serta bermain. Bukan sekedar ngasih buku gambar, tapi kita para orang tua ternyata wajib ikut menggambar, karena yang anak butuh pada masa sekarang ini adalah ditemani berkegiatannya, bukan hanya diberi wadahnya.

Sedikit cerita, tentang gw yang entah bagaimana nemu group FB tentang sharing MP-ASI. Di sana banyak gw temukan ibu-ibu yang masih kurang edukasi tentang pemberian makanan pelengkap ASI tersebut. Bahkan gak jarang, gw ngeliat komentar ibu-ibu yang dengan santainya ngasih makan bayi pada usia yang bukan waktu yang tepat untuk pemberian makan si anak.

Beruntungnya gw, punya ruang lingkup pertemanan ibu-ibu hebat, yang mau belajar, yang mau cari tau tentang kebutuhan anak. Jangan salah, masih banyak juga yang belum tau bahwa pemberian makanan lengkap dengan protein, lemak dll itu wajib diberikan saat usia anak 6bulan, tidak kurang dan tidak lebih (kecuali ada indikasi penyakit tertentu atau kekurangan BB anak dan sudah diijinkan oleh DSA, baru dbolehkan untuk diberi MP-ASI dini)

Di #BabyBashID juga dibahas, cara memasak MP-ASI yang benar untuk bayi, dari segi tekstur, kebutuhan vitamin, protein hewani, nabati, lemak, bahkan pemberian gula dan garam. Banyak ibu-ibu yang ngerasa ribet buat masakin MP-ASI rumahan, padahal, jaman sekarang segala sesuatunya udah dipermudah, dengan adanya slowcooker. Cuma masukin semua bahan, ditinggal selama 4 sampai 6 jam, jadi deh tuh bubur bayi... Masih bilang susah?? Cari tau lebih banyak deh tentang "alat tempur" untuk bikin MP-ASI yang sekarang udah banyak banget di pasaran. Udah bukan hal atau barang yang aneh lagi loh...

Cooking Demo Kaldu Movement bersama @kelincitertidur
(Photo source: #BabyBashID)

Nah, selain edukasi di atas, pengalaman yang gw dapetin di acara #BabyBashID ini juga banyak banget! Para sponsor ngejejerin produk-produknya di ruang depan, mereka punya booth yang bisa kita datengin untuk beli di tempat.

Selain itu, ada yang paling menarik nih! Kita daftar untuk hadir dengan membayar 200-300rb rupiah, melalui website atau melalu contact person yang diberikan di undangan, biasanya dishare di instagram The Asian Parents, salah satunya di sini .

Pas hari H, kita diminta untuk registrasi, dan ngedapetin booklet, yang mana nantinya, diminta untuk ikut serta dalam aktivitas yang ada di masing-masing booth sponsor, setelah itu, kita dapet cap atau tanda tangan yang dikumpulin, setelah lengkap, booklet tersebut bisa kita tukar dengan goodiebag, yang MasyaAllah isinya banyak banget, worth 2juta rupiah lebih... ( emak-emak haus gudibek )





Bukan cuma itu, sebelum pulang, kita dihadiahi dengan doorprice. WAAAHHHH menarique banget deh.. Udah tambah pinter kitanya, tambah lagi oleh-oleh buat dibawa pulang... :)))

(Photo source: #BabyBashID)


Nah, buat yang kepengen ikutan #BabyBashID berikutnya, silahkan cari tau aja di instagram The Asian Parent yaa buibuk... Pssttt.. Kabarnya bakal ada #BabyBashID pada tanggal 29 September ini, khusus untuk anak berusia 1-3 tahun loh.. Yuk ikutan! Dan jadilah orang tua yang hebat! :)

No comments:

Post a Comment