about me..

My photo
i love to be my self..."bunglon" kata temen2 gw,krn tiap hari gaya gw selalu beda,kadang feminim,kadang tomboy, gak monoton..dan gw suka dengan gaya gw yg orisinil,ga ikutin orang..hehehee..banyak yang bilang,gw friendly,supel,gampang cari temen..yaaa gitu deh!!abis buat apa cari musuh??ya gak?? ;)

Friday, October 28, 2016

Melahirkan dengan BPJS

Buibuuukkk... gw mau ceritain pengalaman gw melahirkan si cantik Senyum Jenaka Shahzeela menggunakan kartu sakti, kartu BPJS :D

Di tulisan sebelumnya, gw udah ceritain kalo gw bikin BPJS untuk melahirkan pada saat kandungan gw usia 7 bulan, padahal kalo gw punya dari awal, di faskes 1 tempat di mana gw pilih untuk melahirkan itu bisa cek gratis dengan bidan, kalo dari awal hamil.. Tapi karena udah 7 bulan, gw ngeceknya di poli umum deh... (ini emang udah peraturan BPJS nya)..

Tapi, di poli umum ini juga enak, gw bisa minta rujukan untuk ke dokter Kandungan di RS besar dan dokternya gw pilih sendiri.. Waktu itu, gw 2 kali minta rujukan, pertama untuk USG..

Gw dirujuk untuk cek kandungan dan USG di RS Graha Permata Ibu. Di RS, ada tempat khusus pendaftaran peserta BPJS, yaudah ikutin prosedur. Daftar dengan membawa:

1. Foto copy surat rujukan
2. Foto copy kartu BPJS
3. Foto Copy KK

Setelah isi data selesai, gw langsung disuruh ke poli obgyn, nunggu deh.. (nunggu bentar gapapalah, adem ini..)

Lalu, nama gw dipanggil, disuruh tiduran, oles-oles gel di perut, USG, selesai.. Ga ada masalah, jabang bayi sehat, air ketuban cukup dll. Selesai, pulang... bayar 10 ribu di kasir, buat bikin kartu RS doang.. yauwis, ceban :p (ga dikasih obat apa-apa karena gw ga minta, vitamin dari dokter sebelumnya masih ada)

Bulan berikutnya, waktu melahirkan semakin dekat, pengecekan jabang bayi juga semakin sering, dari 2 minggu sekali sampe seminggu sekali, di faskes tingkat 1 pun tetap diperiksa di poli umum, which is ga ngaruh menurut gw :D Yang akhirnya gw minta rujukan lagi ke RS Graha Permata Ibu, sekali lagi..

Prosesnya sama, daftar dengan membawa foto copy berkas-berkas tadi..

Begitu masuk di poli obgyn, dilihat kandungan gw, posisinya sempurna, dinyatakan bisa melahirkan dengan normal, ya dengan santai gw pengen lahiran normal aja di klinik (Faskes 1 yang gw tunjuk yaitu Klinik Siti Aksar, Depok). Klinik Siti Aksar itu, tempatnya juga enak, walaupun awalnya gw agak deg-degan, biasalah ibu baru, takut begini, takut begitu, kebanyakan dengerin cerita orang melahirkan yang berujung anu anu.. au ah :)))

Tapi belom sampe pulang, dokter bilang ke gw "Mau di SC aja ngga bu? Kalo mau saya bikinin jadwal minggu depan ya!"... Ngggg... "saya mau normal aja dok..." dan gw putuskan, pulang untuk lahiran normal minggu depan ( atau kalo udah saatnya ).

Sebelum lahiran, gw sempetin cek kamar di Klinik. Ditunjukin sama petugasnya kamar yang isinya ada 8 tempat tidur, sambil dia jelasin.. "Di sini, meskipun ibu BPJS nya kelas 1, tapi kamarnya tetap dapet kelas 3 ya bu.. emang ga ada pilihan lain".. Yhaaa, daripada di loteng, lagian gw ga mau lama2 juga di Klinik setelah melahirkan nanti, dan ya bener aja, melahirkan subuh jam 4 pagi, jam 1 siang gw udah boleh pulang :D

Pas pulang, suami gw disuruh nemuin bidan, ternyata masih ada biaya yang gak dicover sekitar 700ribuan.. yaude bayarrr, 700rb ga ada apa-apa dibanding gw harus bayar jutaan kayak orang-orang yang bilang BPJS ribet.. :p Selama ikutin prosedur sih ya ga ribet-ribet amat..

Dan liat nih, anak gw yang lahir pake kartu sakti, tetep sehat, cantik, pinter... Kayak emaknya :)))

2 comments: