about me..

My photo
i love to be my self..."bunglon" kata temen2 gw,krn tiap hari gaya gw selalu beda,kadang feminim,kadang tomboy, gak monoton..dan gw suka dengan gaya gw yg orisinil,ga ikutin orang..hehehee..banyak yang bilang,gw friendly,supel,gampang cari temen..yaaa gitu deh!!abis buat apa cari musuh??ya gak?? ;)

Wednesday, January 6, 2016

Drama ASI vs Susu Formula

Namanya ibu baru, pasti banyak hal yang belom pernah dialamin, mulai dari gimana posisi menyusui, gimana cara gendong anak, posisi tidur dll.. Hmmm, banyak deh!

Hari ke-2, usia Jenaka tentu aja baru 2 hari. Dan iya, ASI gw belom keluar banyak. Tengah malem Jenaka nangis, entah kenapa, gw juga bingung, mau nenenin, tapi ya belom keluar juga. Terpaksa, telpon bokap jam 3 subuh minta tolong beliin Susu Formula.. Saat itu yang ada di pikiran gw adalah, Jenaka haus, tapi gw ga punya ASI.. Sedih.. :((( Dan karena gw buta banget soal ASI, bayi dll yang selama hamil gatau kenapa pede-pede aja ga sempet cari tau. Akhirnya, anak gw tercinta, pagi itu kena Susu Formula, sekitar 20ml.
Jam 8 pagi, gw masih berusaha untuk pumping, masih semangat dan pengen tau, kenapa sih ASI gw belom keluar juga. Tapi anak gw udah keburu nangis, yaudah, gw siapin Susu Formula lagi sekitar 60ml dan nggak diminum..

Menjelang siang, sisa susu formula yang gak keminum itu emang masih ada di meja kamar, di samping tempat tidur Jenaka. Tiba-tiba laki gw keluar kamar dan bilang.. "Bii, Jenaka haus banget, masa susunya habis"... Dang! Saat itu gw langsung spaneng, kepala panas sambil berpikir.. Susu yang mana?? susu tadi pagi?? Jenaka haus?? Kok ga manggil gw??.. Gw masuk kamar, ada nyokap dan mama mertua yang dengan santainya ngasih susu formula di dot. Iya, itu sufor tadi pagi -__-.. Gw sedih campur kesel, kenapa ga panggil gw saat anak gw haus? Gw kan idup, di sini.. Tapi gw diem, ga bisa ngomong ke orang tua.. nyokap dan mama mertua..

 Setelah dzuhur, gw pumping di kamar, keluar ASI sedikit, yah, cuma ngebasahin pantat botol, tapi gw seneng, akhirnya ada juga yang keluar. Tapi, Jenaka nangis, mungkin haus. Gw coba kasih hasil perahannya.. Karena di dot, mungkin Jenaka juga belom bisa ngedot, namanya anak baru 2 hari, nangisnya makin menjadi, tapi gw masih berusaha untuk nenenin, sampe akhirnya mama mertua bilang.. "Udahlah, kasih susu formula aja dulu, ASI kamu juga ga ada"... Jujur, gw sedih banget denger kata-kata itu, disaat gw sedang berjuang buat ngasih yang terbaik buat anak gw, tapi ada aja yang dengan gampangnya nyuruh gw nyeduh susu formula. Jujur, hasil perahan gw langsung gw lempar dan gw nangis. Sedih, ngerasa ga ada yang dukung gw untuk ngasih ASI Eksklusif ke Jenaka. Mau gw, gpp malam itu aja gw khilaf ngasih Jenaka sufor. Emang ga ada salahnya, sampe sekarangpun anak sufor masih tetap hidup. Tapi, gw emaknya juga idup dan gak tinggal diam..

Drama dimulai.. Nyokap, bokap, mama, papa mertua mulai nyalahin gw, dan dengan segala nasehatnya bahwa 'orang tua udah pernah makan asam garam lebih dulu' dan mereka ngerasa udah pernah lebih dulu ngerawat anak, jadi ngerasa benar. Tapi gw ga setuju.. Gw sedang berusaha, jangan dipatahin semangat gw. Please...

Beruntung Indra nenangin gw, beruntung, gw ga ngerasa sendirian, ada juga yang support gw, Indra, suami gw... Yaemang itu tugasnya, bikin gw tenang..

Di hari ke 3, alhamdulillah, ASI gw luber.. Sampe-sampe, kalo ada yang bilang gw ga punya ASI untuk dikasih ke bayi gw, pengen gw tetein juga! AHAHAHHAHA..

Alhamdulillah, Jenaka sehat, dengan ASI yang berlimpah... Setelah drama itu, gw baru tau kalo bayi baru lahir kuat gak minum sampe dengan 3 hari setelah kelahirannya, dan mereka cuma butuh setetes aja air susu untuk bikin lambungnya yang masih segede biji jeruk itu penuh. Sayangnya, gw baru tau.. terlambat... nyesel.. Kenapa ga cari tau sejauh ini, kemaren-kemaren. Tapi ya jadi pelajaran buat gw nantinya kalo ada anak ke 2,3 dst... (anaknya baru berapa bulan udah mikirin adeknya, visioner abis ye gw.. hahhaha)

2 comments:

  1. ....dan aku mewek aja donk baca ini.

    Tetap semangat ya mamiJena!
    <3 u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhh.. Bumil kan gaboleh syedih... Hahahhahaa.. Yes! You too.. Semangat!! Jangan dengerin yg aneh-aneh ya! :3

      Delete